Struktur Kurikulum
Madrasah Ibtidaiyah
Struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah
berdasar KMA 450 Tahun 2024 adalah sebagai berikut.
Alokasi waktu mata mata pelajaran
Madrasah Ibtidayah Kelas 1 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran |
Kelas 1 |
||
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi P5RA Per Tahun |
Total JP |
|
Al-Quran Hadis |
72 |
72 |
|
Akidah Akhlak |
72 |
72 |
|
Fikih |
72 |
72 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
|||
Bahasa Arab |
72 |
72 |
|
Pendidikan Pancasila |
144 |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216 |
36 |
252 |
Matematika |
144 |
144 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
|||
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
108 |
36 |
144 |
Seni dan Budaya |
108 |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
|||
Total JP Mapel Wajib |
1008 |
144 |
1152 |
Muatan Lokal |
72-216 |
72-216 |
|
Total JP |
1080-1224 |
144 |
1224-1368 |
Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 2 (asumsi 1
tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran |
Kelas 2 |
||
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi P5RA Per Tahun |
Total JP |
|
Al-Quran Hadis |
72 |
72 |
|
Akidah Akhlak |
72 |
72 |
|
Fikih |
72 |
72 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
|||
Bahasa Arab |
72 |
72 |
|
Pendidikan Pancasila |
144 |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
252 |
36 |
288 |
Matematika |
180 |
36 |
216 |
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
|||
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
108 |
36 |
144 |
Seni dan Budaya |
108 |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
|||
Total JP Mapel Wajib |
1080 |
180 |
1260 |
Muatan Lokal |
72-216 |
72-216 |
|
Total JP |
1152-1296 |
180 |
1332-1476 |
Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 3, 4, dan 5
(asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran |
Kelas 3, 4, dan 5 |
||
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi P5RA Per
Tahun |
Total JP |
|
Al-Quran Hadis |
72 |
72 |
|
Akidah Akhlak |
72 |
72 |
|
Fikih |
72 |
72 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
72 |
72 |
|
Bahasa Arab |
72 |
72 |
|
Pendidikan Pancasila |
144 |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216 |
36 |
252 |
Matematika |
180 |
180 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
180 |
36 |
216 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
108 |
36 |
144 |
Seni dan Budaya |
108 |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
72 |
72 |
|
Total JP Mapel Wajib |
1368 |
180 |
1548 |
Muatan Lokal |
72-216 |
72-216 |
|
Total JP |
1440-1584 |
180 |
1620-1764 |
Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 6 (asumsi 1
tahun = 32 minggu dan 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran |
Kelas 6 |
||
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi P5RA Per Tahun |
Total JP |
|
Al-Quran Hadis |
64 |
64 |
|
Akidah Akhlak |
64 |
64 |
|
Fikih |
64 |
64 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
64 |
64 |
|
Bahasa Arab |
64 |
64 |
|
Pendidikan Pancasila |
128 |
32 |
160 |
Bahasa Indonesia |
192 |
32 |
224 |
Matematika |
160 |
160 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
160 |
32 |
192 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
96 |
32 |
128 |
Seni dan Budaya |
96 |
32 |
128 |
Bahasa Inggris |
64 |
64 |
|
Total JP Mapel Wajib |
1216 |
160 |
1376 |
Muatan Lokal |
72-216 |
72-216 |
|
Total JP |
1288-1432 |
160 |
1448-1592 |
Keterangan:
§ Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas I - V) dan 32 minggu (kelas VI)
§ 1 JP = 35 menit
§ Mata Pelajaran Seni dan Budaya; madrasah menyediakan 1 minimal 1 jenis
seni (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari). Peserta didik memilih 1
jenis seni
§ Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP
per tahun
Untuk memudahkan dalam pembagian dan
alokasi mata pelajaran per minggu, Ayo Madrasah menyesuaikan tabel struktur
kurikulum Madrasah Ibtidaiyah menjadi berikut ini,
Implementasi struktur Kurikulum MI dilaksanakan
dengan ketentuan:
§ Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
§ Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan
Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:
§ keagamaan
§ seni budaya;
§ prakarya;
§ pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
§ bahasa;
§ teknologi; dang
§ riset.
§ Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
§ pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
§ pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
§ mata pelajaran yang berdiri sendiri.
§ Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan
percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian
Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan
bukan dalam bentuk rombongan belajar.
§ Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai
dengan hasil analisis Capaian Pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.
§ Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif
§ Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran
program kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
§ Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan
ketentuan:
§ P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3
(tiga) projek dengan tema berbeda;
§ Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi
fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan; dan
§ beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 (dua) jam
tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam
tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu dan
paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.