Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah

 

Struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah berdasar KMA 450 Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

 

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 1 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

 

Mata Pelajaran

Kelas 1

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi P5RA Per Tahun

Total JP

Al-Quran   Hadis

72

72

Akidah Akhlak

72

72

Fikih

72

72

Sejarah Kebudayaan Islam

Bahasa Arab

72

72

Pendidikan Pancasila

144

36

180

Bahasa Indonesia

216

36

252

Matematika

144

144

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

108

36

144

Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari

108

36

144

Bahasa Inggris

Total JP Mapel Wajib

1008

144

1152

Muatan Lokal

72-216

72-216

Total JP

1080-1224

144

1224-1368

 

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 2 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

 

Mata Pelajaran

Kelas 2

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi P5RA Per Tahun

Total JP

Al-Quran   Hadis

72

72

Akidah Akhlak

72

72

Fikih

72

72

Sejarah Kebudayaan Islam

Bahasa Arab

72

72

Pendidikan Pancasila

144

36

180

Bahasa Indonesia

252

36

288

Matematika

180

36

216

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

108

36

144

Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari

108

36

144

Bahasa Inggris

Total JP Mapel Wajib

1080

180

1260

Muatan Lokal

72-216

72-216

Total JP

1152-1296

180

1332-1476

 

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 3, 4, dan 5 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

 

Mata Pelajaran

Kelas   3, 4, dan 5

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi   P5RA Per Tahun

Total   JP

Al-Quran   Hadis

72

72

Akidah Akhlak

72

72

Fikih

72

72

Sejarah Kebudayaan Islam

72

72

Bahasa Arab

72

72

Pendidikan Pancasila

144

36

180

Bahasa Indonesia

216

36

252

Matematika

180

180

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

180

36

216

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

108

36

144

Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari

108

36

144

Bahasa Inggris

72

72

Total JP Mapel Wajib

1368

180

1548

Muatan Lokal

72-216

72-216

Total JP

1440-1584

180

1620-1764

 

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 6 (asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 35 menit)

 

Mata Pelajaran

Kelas 6

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi P5RA Per Tahun

Total JP

Al-Quran   Hadis

64

64

Akidah Akhlak

64

64

Fikih

64

64

Sejarah Kebudayaan Islam

64

64

Bahasa Arab

64

64

Pendidikan Pancasila

128

32

160

Bahasa Indonesia

192

32

224

Matematika

160

160

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

160

32

192

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

96

32

128

Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari

96

32

128

Bahasa Inggris

64

64

Total JP Mapel Wajib

1216

160

1376

Muatan Lokal

72-216

72-216

Total JP

1288-1432

160

1448-1592

 

Keterangan:

§  Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas I - V) dan 32 minggu (kelas VI)

§  1 JP = 35 menit

§  Mata Pelajaran Seni dan Budaya; madrasah menyediakan 1 minimal 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni

§  Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP per tahun

 

Untuk memudahkan dalam pembagian dan alokasi mata pelajaran per minggu, Ayo Madrasah menyesuaikan tabel struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah menjadi berikut ini,

 

 

 

Implementasi struktur Kurikulum MI dilaksanakan dengan ketentuan:

§  Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.

§  Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:

§  keagamaan

§  seni budaya;

§  prakarya;

§  pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;

§  bahasa;

§  teknologi; dang

§  riset.

§  Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:

§  pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;

§  pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau

§  mata pelajaran yang berdiri sendiri.

§  Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka  sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.

§  Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis Capaian Pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.

§  Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif

§  Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.

§  Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan:

§  P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema berbeda;

§  Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan; dan 

§  beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.